Kuala Lumpur, 18 Maret 2019 – Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia Bapak Rusdi Kirana, pada tanggal 18 Maret 2019 pagi membuka secara resmi Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2019 yang bertema ‘Pariwisata Banyuwangi dan Jawa Timur serta Pameran Pendidikan’ yang diselenggarakan di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. Kegiatan ini terselenggara dengan kerjasama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Rangkaian kegiatan pembukaan dihadiri oleh sekitar 150 (seratus lima puluh) tamu undangan dari kalangan korps diplomatik, instansi pemerintah negara akreditasi, industri pariwisata Indonesia dan Malaysia, Universitas di Indonesia serta kalangan media Indonesia dan Malaysia. Duta Besar dari negara sahabat yang berkesempatan hadir yaitu dari Perancis, Lesotho, Azerbaijan, Mesir, Ukrania, Tanzania dan Oman serta pejabat wakil dari Kedutaan Vietnam dan Singapura.

Duta Besar RI menyampaikan bahwa Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) berawal dari sebuah pemikiran sederhana, yakni keinginan untuk meningkatkan hubungan antar pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia dan Malaysia, serta memanfaatkan keberadaan KBRI untuk membantu para pengusaha Indonesia, khususnya pengusaha kecil dan menengah, memasarkan produknya di luar negeri. Inisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan ini di dalam lingkungan KBRI adalah salah satu bentuk nyata dari pemikiran itu.

Pada penyelenggaraan pameran kali ini, KBRI-KL memilih pariwisata Banyuwangi sebagai salah satu tema utama. Pertunjukan seni dan budaya Jawa Timur dan Banyuwangi mengisi acara pameran yang akan berlangsung selama 2 hari tersebut, antara lain Reog Ponorogo dan Tari Gandrung.

Selain pariwisata, ARCHEX 2019 juga menampilkan pameran pendidikan yang diikuti oleh lembaga-lembaga pendidikan akademik dan vokasi ternama di Indonesia, yang membuka program internasional dan memiliki lulusan yang telah tersebar dan dimanfaatkan oleh berbagai industri, termasuk di Malaysia.

administratorBerita KBRI
Kuala Lumpur, 18 Maret 2019 - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia Bapak Rusdi Kirana, pada tanggal 18 Maret 2019 pagi membuka secara resmi Indonesia Archipelago Exhibition (ARCHEX) 2019 yang bertema ‘Pariwisata Banyuwangi dan Jawa Timur serta Pameran Pendidikan’ yang diselenggarakan di Aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur. Kegiatan ini...