Tangerang Banten, 24 Oktober 2018, Trade Expo Indonesia 2018 kembali diselenggarakan pada tanggal 24-28 Oktober 2018 bertempat di Indonesia Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Banten. TEI 2018 yang  mengangkat tema Creating Products For Global Opportunities dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan dihadiri sekitar 4000 undangan dari perwakilan negara sabahat, perwakilan pemerintah daerah, dan stakeholder lainnya.

Pameran TEI merupakan showcase bagi promosi produk nasional orientasi ekspor serta wadah untuk mempromosikan sektor pariwisata dan peluang investasi di Indonesia. Sebagaimana agenda TEI sebelumnya pada tahun ini kembali diketengahkan serangkaian kegiatan yang terdiri dari Forum Perdagangan, Pariwisata dan Investasi, Business Matching, Konseling Bisnis, Diskusi Regional, Misi Perdagangan Luar Negeri dan Lokal, Kompetisi startup, dan Talk Show.

Partisipasi delegasi Malaysia pada tahun ini mengalami peningkatan yang sangat tajam, sebanyak 384 (tiga ratus delapan puluh empat) buyer yang telah terdaftar dari KBRI Kuala Lumpur, KJRI Penang, KJRI Johor Bahru, KJRI Kuching, KJRI Kotakinabalu, dan KRI Tawau hadir pada pembukaan TEI 2018. Melalui peningkatan jumlah buyer diharapkan dapat membuka peluang kerja sama antara pelaku usaha Indonesia dengan pelaku usaha Malaysia dan secara tidak langsung akan meningkatkan ekspor non migas serta investasi Indonesia. “Kami berharap dengan peningkatan jumlah buyer yang ada di tahun ini dapat meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke Malaysia serta memberikan peluang kepada pengusaha Malaysia untuk berinvestasi di Indonesia” tegas Duta Besar RI untuk Malaysia, Rusdi Kirana.

Serangkaian dengan pembukaan, Delegasi KJRI Kuching Sarawak dipimpin Ketua Menteri Besar Sarawak YAB Datuk Patinggi Dr Abdul Rahman  Johari B Haji Openg   akan melakukan courtessy call dengan Menteri Perdagangan. Delegasi KJRI Kotakinabalu, Yang Amat Berhormat (YAB) Datuk Seri Panglima Haji Mohd. Shafie bin Haji Apdal , Deputy Chief Minister Sabah juga melakukan courtesy call dengan pimpinan Kementerian Perdagangan.

Sebagai bentuk komitmen awal, Delegasi Malaysia juga akan melakukan penandatanganan MOU Buying Mission dan penandatanganan MOA Kerjasama invetasi antara pengusaha Malaysia dan Indonesia. “Penandatanganan MOU oleh 5 perusahaan Malaysia ini menunjukkan adanya minat tinggi dari buyer Malaysia untuk mengeksplorasi produk Indonesia yang kedepannya akan diwujudkan dalam kontrak dagang ” pungkas Rifah Ariny, Atase Perdagangan Kuala Lumpur.

 

administratorBerita KBRI
  Tangerang Banten, 24 Oktober 2018, Trade Expo Indonesia 2018 kembali diselenggarakan pada tanggal 24-28 Oktober 2018 bertempat di Indonesia Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang Banten. TEI 2018 yang  mengangkat tema Creating Products For Global Opportunities dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dan dihadiri...