Mendikbud RI Resmikan PKBM-KBRI Kuala Lumpur

Kuala Lumpur – Menteri Pendidikan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy dengan didampingi oleh Duta Besar RI Rusdi Kirana meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bagi masyarakat Indonesia yang berdomisili di Semenanjung Malaysia Kamis (1/3) pagi.

“Pemerintah berkomitmen tinggi dalam memberikan akses pendidikan bagi semua warga negara Indonesia. Untuk itu, PKBM KBRI Kuala Lumpur diharapkan dapat menjadi tempat bagi warga Indonesia di Malasyia untuk melanjutkan pendidikannya,” demikian disampaikan Prof Muhadjir Effendy dalam sambutan peresmian PKBM di KBRI Kuala Lumpur yang dihadiri oleh perwakilan organisasi kemasyarakatan (ORMAS), PPI, staf KBRI Kuala Lumpur dan DWP.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan bahwa pendidikan memiliki peranan penting dalam mengatasi generation lost, dalam artian jika orang tua tidak berpendidikan dan anaknya juga sama, maka hal itu merupakan generation lost. Mendikbud juga menegaskan bahwa  melalui pendidikan kita mampu menghapus lingkaran setan kemiskinan (vicious circle of poverty).

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Malaysia Bapak Rusdi Kirana menyatakan bahwa pendirian PKBM KBRI Kuala Lumpur menjadi cikal bakal bagi pendirian lembaga pendidikan bagi WNI di wilayah Semenanjung Malaysia.

Duta Besar Rusdi Kirana dalam berbagai kesempatan menyatakan keinginan dan komitmennya untuk membuka akses layanan pendidikan yang seluas-luasnya bagi warga negara Indonesia di Malaysia tanpa harus melihat statusnya. Untuk itu, KBRI Kuala Lumpur bekerjasama dengan Perwakilan RI lainnya di Malaysia mendorong pendirian Community Learning Center (CLS) di Sabah dan Sarawak, yang saat ini tercatat 227 CLC di Sabah dan 19 di Sarawak  serta  17 CLC yang  akan segera  diresmikan.

PKBM KBRI Kuala Lumpur didirikan dalam rangka untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia di Malaysia untuk memperoleh pendidikan. PKBM KBRI Kuala Lumpur membuka layanan pendidikan non formal (PNF) secara gratis untuk memberikan bimbingan belajar hingga penyelenggaraan ujian kesetaraan Paket A (jenjang SD), Paket B (jenjang SMP),  dan Paket C (jenjang SMA).

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) KBRI Kuala Lumpur  telah terdaftar di Kemdikbud dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN No.P9959640, dan khusus bagi masyarakat Indonesia yang tinggal jauh dari KBRI Kuala Lumpur akan dibuka Tempat Kegiatan Belajar (TKB).

Kegiatan pembelajaran direncanakan akan berlangsung di akhir pekan yaitu dua kali seminggu (Sabtu dan Minggu) pada pukul 10.00 s/d 14.00 yang akan diisi oleh guru-guru berpengalaman dari Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dan volunteer dari ekspatriat/profesional. (THS)

 

TH SalengkeBerita KBRICaraka Online
Mendikbud RI Resmikan PKBM-KBRI Kuala Lumpur Kuala Lumpur – Menteri Pendidikan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy dengan didampingi oleh Duta Besar RI Rusdi Kirana meresmikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bagi masyarakat Indonesia yang berdomisili di Semenanjung Malaysia Kamis (1/3) pagi. “Pemerintah berkomitmen tinggi dalam memberikan akses pendidikan bagi semua warga...