Bring Fun Into Motherhood adalah slogan dari Club Yummy Mommy (CYM) yang artinya membawa hal-hal yang menyenangkan ke dalam dunia keibuan.

Komunitas yang sampai dengan saat ini beranggotakan sebanyak 60 orang pertama kali didirikan pada bulan Maret 2016 oleh seorang wanita asal Indonesia, Shanty Setyaningrum, yang juga berperan sebagai founder dan dibantu oleh Dina Tampubolon sebagai Co-founder.

“Memang awalnya komunitas ini didirikan hanya untuk para ibu rumah tangga asal Indonesia yang tinggal di daerah Lembah Klang, Malaysia, yang mempunyai hobi masak memasak, tujuannya untuk menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari, tetapi kami bukan Komunitas MLM, dan tidak memungut biaya registrasi atau administrasi,” ujar Shanti, yang merupakan lulusan Sarjana Ekonomi, Universitas Sahid Jakarta.

Tetapi tidak hanya wanita Indonesia saja bergabung dengan grup ini, ada juga wanita-wanita asing dari negara Italia, Tunisia, Maroko, Timur Tengah dan juga Malaysia.

Demo memasak yang pertama adalah Tunisian Cooking Class (April 2016) oleh Chef Arwa Mahrez, Indonesian Cooking Demo (Mei 2016) oleh Executive Chef Endang Supriyadi dari Pullman Hotel Jakarta, Solo Indonesian Cooking Class (Agustus 2017) bersama Istri Wakil Dubes Indonesia di Malaysia, Dhian Prihandini, Aceh Cooking Class (Oktober 2017) oleh Yulia Arbach, dan lain-lain.

“Sebagai orang Indonesia kami sangat bangga untuk mempromosikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Indonesia, baik itu makanan, batik, pariwisata dan kebudayaan”, ujar ibu dari tiga orang anak ini.

Tidak hanya aktivitas masak memasak saja, CYM pun pernah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan amal. Diantaranya adalah kegiatan buka puasa bersama anak-anak yatim pada (Juli 2017) di Warung Bakso Monster, Bangsar, lalu pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Yayasan Yatim Piatu LAMBAIAN KASIH di Sungai Penchala (Juni 2016), dan pemberian hadiah kepada anak-anak di Hospital Kuala Lumpur (6 Februari 2018).

Menurut Dina Tampubolon tujuan diadakannya kegiatan amal ini selain menjalin hubungan silaturahmi yang baik kepada masyarakat lokal/Malaysian juga untuk menunjukan kepedulian dan dukungan moral terhadap orang-orang yang kurang mampu, sebagai makhluk sosial bisa mewujudkan niat yang baik untuk berbagi kesenangan dengan membagikan senyuman serta anak-anak bisa bersorak sorai ketika diberikan hadiah.

“Ketika mengadakan acara di Hospital Kuala Lumpur, kami mengingatkan kembali kepada semua para ibu agar senantiasa bersyukur dan selalu menjaga anak-anaknya dan berhati-hati dalam hal menjaga kesehatan” ujar Dina.

Selain itu, aktivitas yang lain adalah pada bulan Mei 2016 telah mengadakan seminar “Parenting” yang bekerjasama dengan Integrated Islamic School Kota Damansara (IISKD) & KPJ Specialist Damansara, juga pada 14 Februari 2018 telah diadakan makan siang dan pertemuan dengan Chef Adu Amram, juri Master Chef Malaysia di Museum Textile Kuala Lumpur, Malaysia.
“Yang terpenting kita sebagai Ibu rumah tangga bukan hanya bisa mengurus suami dan anak-anak, tetapi masih bisa menjadi wanita produktif dan memberikan contoh kegiatan yang baik dan positif kepada komunitas indonesia lainnya di negeri jiran Ini”, tutup Shanty. (Astridel)

 

Astrid Sekretaris DCMCaraka Online
Bring Fun Into Motherhood adalah slogan dari Club Yummy Mommy (CYM) yang artinya membawa hal-hal yang menyenangkan ke dalam dunia keibuan. Komunitas yang sampai dengan saat ini beranggotakan sebanyak 60 orang pertama kali didirikan pada bulan Maret 2016 oleh seorang wanita asal Indonesia, Shanty Setyaningrum, yang juga berperan sebagai founder...