Klang, KBRI-KL: Duta Besar RI untuk Kerajaaan Malaysia Rusdi Kirana usai mengikuti upacara HUT Dharma Wanita Persatuan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wisma Duta, Selasa (12/12/2017), langsung menuju Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang, Selangor. Duta Besar didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto dan Atase Perhubungan KBRI Kuala Lumpur Kapt. Muhammad Abduh. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Drs. H. Agustinus Suharto, M.Pd., dan Koordinator Pendidikan Non-Formal Taufiq Hasyim Salengke.

Rombongan disambut meriah oleh Pendiri dan Pelindung PPWNI Klang YM Ungku Raja Kamaruddin dan isteri dengan berbagai persembahan oleh siswa Indonesia yang notabene undocumented. Ungku Raja dalam pidato sambutannya meminta Duta Besar dan jajarannya untuk membantu memberikan akses pendidikan kepada anak pekerja migran Indonesia tanpa harus melihat status mereka di Malaysia. “Akases belajar formal bagi generasi muda lebih utama dan harus kita perjuangkan karena ini adalah hak bagi setiap anak untuk memperoleh pendidikan,” ujar Ungku Raja.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari Purbayanto dalam sambutannya menegaskan bahwa sekolah yang didirikan oleh Unku Raja Kamaruddin pada tahun 2010 tersebut telah mendapat perhatian Pemerintah RI dengan mengirim guru secara berkala. Selain itu, KBRI juga membuka akses kepada para relawan pendidikan untuk ikut andil mengajar di PPWNI Klang walau pun dalam jangka waktu yang singkat.

Atdikbud KBRI Kuala Lumpur menyatakan bahwa sebagaimana yang telah berjalan selama ini, akan terus membantu segala keperluan guru dan siswa di PPWNI Klang demi berlangsungnya kegiatan belajar mengajar sebagaimana yang Pemerintah Indonesia harapkan. “Dengan terlaksananya kunjungan Duta Besar merupakan satu anugerah bagi kita semua karena beliau memberikan perhatian yang luar biasa dan komitmen tinggi kepada pendidikan anak-anak Indonesia di Malaysia,” ungkap Prof Ari Purbayanto.

Sementara itu, Duta Besar RI sebelum menandatangani prasasti kunjungan dan menyampaikan bantuan dua unit komputer serta buku pelajaran, menangaskan komitmennya bahwa Perwakilan RI akan menjamin keberadaan siswa di PPWNI Klang. “Negara akan hadir membantu warga Indonesia terkait pemberian dokumen dan juga kepentingan belajar bagi anak-anak mereka di Malaysia,” ujar Rusdi Kirana.

Mengakhiri pidatonya, Duta Besar mengajak masyarakat Indonesia dan Malaysia untuk sama-sama menghargai dan mendukung pemimpin masing-masing agar terciptanya hubungan persahabatan yang lebih baik antar masyarakat Indonesia dan Malaysia.(THS)

TH SalengkeBerita KBRICaraka OnlinePendidikan
Klang, KBRI-KL: Duta Besar RI untuk Kerajaaan Malaysia Rusdi Kirana usai mengikuti upacara HUT Dharma Wanita Persatuan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wisma Duta, Selasa (12/12/2017), langsung menuju Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia (PPWNI) Klang, Selangor. Duta Besar didampingi oleh Atase Pendidikan KBRI Kuala Lumpur Prof. Dr. Ir. Ari...