(KUALA LUMPUR) Duta Besar Republik Indonesia yang Baru untuk Kerajaan Malaysia, Rusdi Kirana menyerahkan surat kepercayaan (letter of credence) kepada Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara, 17 Agustus 2017.

Turut menyerahkan surat kepercayaan pada kesempatan yang sama adalah kepala perwakilan Myanmar, Arab Saudi, Filipina, Yordania, Perancis, Sudan, Vietnam, Jerman, Austria, Norwegia, Timor Leste, Uruguay.

Duta Besar Rusdi Kirana sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak tahun 2015. Lahir pada 17 Agustus 1963, Dubes Kirana meraih pendidikan sarjana ekonomi dari Universitas Pancasila. Beliau dianugerahi Legion d’Honneur oleh Presiden Prancis pada tahun 2017 karena pencapaiannya dalam bidang usaha. Dengan penyerahan tersebut, secara resmi Dubes Rusdi Kirana mewakili Pemerintah Republik Indonesia sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Malaysia. Duta Besar Rusdi Kirana berkomitmen untuk meningkatkan ketrampilan Tenaga Kerja Indonesia dengan berbagai pelatihan dan penyaluran hasil usaha, serta memperkuat hubungan kerjasama Indonesia dan Malaysia.

Penyerahan surat kepercayaan tersebut dilakukan di tengah peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Upacara pengibaran bendera merah putih dilakukan di Wisma Duta dan dihadiri oleh sekitar 400 warga negara Indonesia di Malaysia yang antara lain terdiri atas perwakilan organisasi masyarakat, pelajar, guru, jajaran staf KBRI Kuala Lumpur serta Ketua Kontingen RI untuk SEA Games 2017 beserta delegasi.

Pada malam hari, dilangsungkan Resepsi Diplomatik di Hotel Royale Chulan untuk memperingati 72 tahun Proklamasi Kemerdekaan RI dan 60 Tahun Hubungan Diplomatik RI – Malaysia. Resepsi dihadiri oleh lebih dari 500 tamu undangan yang terdiri dari pejabat tinggi pemerintah Malaysia, Duta Besar dan diplomat negara-negara sahabat, pengusaha, akademisi, media, serta tamu undangan lainnya.

Hadir sebagai Tamu Kehormatan pada malam tersebut adalah Menteri Pembangunan Wanita, Keluarga dan Masyarakat Malaysia, Datuk Sri Rohani Abdul Karim. Selain itu hadir beberapa tamu penting lainnya dari pemerintahan Malaysia, seperti Panglima Tentara Udara Diraja Malaysia, Deputi Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri dan Utusan Khusus Pemerintah Malaysia untuk Penetapan Batas Maritim.

Acara diawali dengan ajakan toast dari Tamu Kehormatan dan Dubes RI yang kemudian dilanjutkan dengan pengumandangan lagu kebangsaan kedua negara serta sambutan singkat dari Dubes RI Kuala Lumpur.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI Kuala Lumpur menyampaikan bahwa dalam 72 tahun kemerdekaannya, Bangsa Indonesia telah berhasil mencapai tingkat pembangunan ekonomi, politik, dan sosial budaya yang signifikan. Saat ini Indonesia menargetkan pertumbuhan ekonomi melebihi 5,4% dengan program pembangunan infrastruktur besar-besaran, serta iklim investasi yang dinilai semakin membaik. Diharapkan, kerjasama ini akan terus meningkat ke depan. (*)

 

 

administratorBerita KBRI
(KUALA LUMPUR) Duta Besar Republik Indonesia yang Baru untuk Kerajaan Malaysia, Rusdi Kirana menyerahkan surat kepercayaan (letter of credence) kepada Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara, 17 Agustus 2017. Turut menyerahkan surat kepercayaan pada kesempatan yang sama adalah kepala perwakilan Myanmar, Arab Saudi, Filipina, Yordania, Perancis, Sudan,...