Kopi adalah minuman yang diseduh dan terbuat dari biji kopi panggang (roasting coffee). Seiring dengan berjalannya waktu variasi minuman kopi bisa disajikan dingin atau panas. Berbagai jenis kopi yang ada di dunia mempunyai ri khas yang berbeda, salah satunya jenis kopi yang berasal dari Indonesia mempunyai ciri khas tertentu yaitu kopi jenis arabika dan robusta.

Sprezzaturacoffee merupakan salah satu kedai kopi yang berada di wilayah Petaling Jaya, Selangor, Malaysia yang memakai bahan biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kopi yang berasal dari daerah Toraja (Sulawesi Selatan) seperti Perindingan, Sapan, Pulu Pulu, Baruppu, dari Ciwidey (Jawa Barat), Bajawa-Flores (Nusa Tenggara Timur), dan Dolok Sanggul (Sumatera Utara).

“Kami banyak memakai kopi Toraja karena pada umumnya kopi Indonesia sangat unik terutama dari segi asam, kandungan dan rasa kopi itu sendiri. Setiap daerah di Indonesia mempunyai kelebihan tersendiri. Ada yang manis, asam atau kandungannya yang lebih. Potensi kopi Indonesia pun sangat tinggi dan akan lebih berkembang di masa akan datang”, ujar Mirwan Badri, Direktur di Kedai Sprezzaturacoffee.

Kedai kopi ini mempunyai konsep seperti coffee shop, dan pertama kali dibuka di Petaling Jaya, Malaysia pada sekitar bulan Agustus 2013.

“Dikarenakan Sprezzaturacoffee memakai biji kopi yang berasal dari Indonesia, semenjak dari sini kita telah dikenali sebagai ‘Indonesia Coffee Expert’, beberapa pemilik kedai kopi lain yang ada di Malaysia akan datang ke kami untuk memasok kopi ke kedai kopi mereka”, tambah Ayah satu anak ini.

Pelanggan yang datang ke Sprezzaturacoffee kebanyakan pekerja profesional dari berbagai negara seperti Australia, Singapura, Thailand, Korea, Jepang, Indonesia dan juga Malaysia.

“Ada juga beberapa orang dari Eropa dan Amerika yang datang untuk mewawancarai kami”, kata Mirwan.

Adapun biji kopi kesukaan pelanggan Sprezzaturacoffee adalah biji kopi yang berasal dari Toraja, sedangkan minuman kopi kesukaan pelanggan adalah Flat White Coffee Single Origin. Selain itu Sprezzaturacoffee juga menjual beberapa jenis makanan seperti sandwich, pizza, salad, aneka kue.

Kedai kopi ini beroperasi mulai dari hari Senin sampai dengan Jumat, jam 8 pagi hingga jam 5 sore, dibantu oleh lima orang karyawan. Produk kopi di Sprezzaturacoffee dengan berat 250 gram dibandrol mulai dengan harga RM49 – RM200.

Strategi marketing Sprezzaturacoffee dengan menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Mirwan berharap ke depan bisa memperluas usahanya dengan membuka beberapa cabang di Malaysia. (Astridel)

 

 

 

 

Astrid Sekretaris DCMCaraka Online
Kopi adalah minuman yang diseduh dan terbuat dari biji kopi panggang (roasting coffee). Seiring dengan berjalannya waktu variasi minuman kopi bisa disajikan dingin atau panas. Berbagai jenis kopi yang ada di dunia mempunyai ri khas yang berbeda, salah satunya jenis kopi yang berasal dari Indonesia mempunyai ciri khas tertentu...