Pada tanggal 24 s.d. 25 Februari 2017 di Kuala Lumpur, telah dilaksanakan Pertemuan Trilateral terkait Five Power Defence Arrangement (FPDA) antara Malaysia, Indonesia dan Singapura. Pertemuan ini diwakili oleh para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) ketiga negara antara lain: Sekjen Kemhan Malaysia, Dato’ Sri Abdul Rahim Bin Mohamad Radzi,  Sekjen Kemhan RI Laksamana Madya TNI Dr. Widodo dan Permanent Secretary Kemhan Singapura Chan Yeng Kit.

Dalam sambutannya Laksdya TNI Dr. Widodo menyampaikan ucapan selamat atas terlaksananya Latihan Bersama (Latma) LIMA Exercise FPDA pada tanggal 11 s.d. 19 Oktober 2016 yang lalu. Beliau juga menambahkan, bahwa aktivitas Latma ini serta latihan lainnya di kawasan lebih banyak bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan kemampuan operasional yang diharapkan akan menjadi kontribusi yagn positif bagi stabilitas keamanan di kawasan. Beliau menegaskan bahwa, Indonesia tidak melihat kegiatan tersebut sebagai ancaman, justru sebaliknya keterlibatan indonesia sebagai observer di dalam Latma FPDA ini telah meningkatkan saling kepercayaan antar negara di kawasan.

Pada pertemuan ini Sekjen Kemhan RI juga menyempatkan untuk melakukan Kunjungan Hormat kepada Sekjen Kemhan Malaysia dan Singapura serta bilateral meeting Indonesia – Malaysia dan Indonesia – Singapura. Pada kesempatan itu Laksdya TNI Dr. Widodo menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah mendapatkan kesempatan untuk menyatakan pandangan resmi Pemerintah Republik Indonesia terhadap FPDA dan berharap agar dapat menghilangkan kesalahpahaman yang mungkin telah terjadi. Beliau menyampaikan harapannya agar kerjasama yang mulai direalisasikan ini dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang.

 

Caroline S.Berita KBRI
  Pada tanggal 24 s.d. 25 Februari 2017 di Kuala Lumpur, telah dilaksanakan Pertemuan Trilateral terkait Five Power Defence Arrangement (FPDA) antara Malaysia, Indonesia dan Singapura. Pertemuan ini diwakili oleh para Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan) ketiga negara antara lain: Sekjen Kemhan Malaysia, Dato’ Sri Abdul Rahim...