Pendaftaran kelahiran anak dari WNI di Malaysia wajib dilaksanakan berdasarkan ketentuan Undang Undang RI No.24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas UU No.23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan .

Perwakilan RI di Kuala Lumpur akan menerbitkan SURAT PENYATAAN LAHIR (SPL).

Persyaratan adalah:

  1. Sijil kelahiran dari JPN (Jabatan Pendaftaran Negara) yang di legalisir oleh Kementerian Luar Negeri Malaysia
  2. Paspor ayah dan ibu yang masih berlaku
  3. Surat Nikah (jika surat nikah berasal dari Negara lain harus melegalisir surat nikah tersebut ke Kedutaan tempat yang mengeluarkan surat nikah tersebut dan di legalisir ke Kemlu Malaysia)
  4. Mengisi formulir dengan mengklik disini
  5. Semua dokumen Asli dan di fotokopi sebanyak 2 rangkap

Proses : 1-2 hari kerja

Biaya : Gratis

 

CATATAN

  1. Setelah mendapatkan SURAT PENYATAAN LAHIR, orangtua si anak wajib melakukan pengurusan dokumen perjalanan di bagian Imigrasi KBRI KL.
  2. Orangtua anak wajib mendaftarkan peristiwa kelahiran anak kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tempat tinggal pemohon dalam masa 30 (tiga puluh) hari, setelah kembali ke Indonesia, dilengkapi dengan Surat Penyataan Lahir, Sijil JPN, akta perkawinan orangtua dan kartu identitas pemohon atau paspor.
  3. Pastikan data anak dan orangtua yang tertera pada SPL sesuai dengan data pada dokumen sijil kelahiran Malaysia dan dokumen perjalanan.
  4. Untuk Pencatatan Kelahiran anak dari WNI yang telah diangkat anak oleh WNI atau WN Asing lainnya, dimana proses pengangkatan anak melalui Jabatan Pendaftaran Negara (JPN) dan sijil kelahiran asal anak ditukar dengan Sijil Pendaftaran Anak Angkat, persyaratan yang harus dilengkapi adalah :
  • Salinan Sijil Kelahiran anak ,
  • salinan paspor/dokumen perjalanan ibu,
  • Sijil pendaftaran anak angkat,
  • dokumen orangtua angkat,
  • surat nikah orangtua angkat

 

PERHATIAN :

Pengangkatan anak WN Indonesia melalui Jabatan Pendaftaran Negara (JPN) bertentangan dengan Hukum Pengangkatan anak Indonesia baik oleh WNI maupun WN Asing lainnya yang dilaksanakan di luar negeri. Pengangkatan anak WN Indonesia baik oleh WNI  maupun WN  Asing lainnya harus melalui proses pengangkatan anak melalui penetapan pengadilan Indonesia dan anak dimaksud harus berada di Indonesia (dibawa kembali ke Indonesia) selama proses pengangkatan anak berlangsung.
Muhammad Febi KhairaKonsuler
Pendaftaran kelahiran anak dari WNI di Malaysia wajib dilaksanakan berdasarkan ketentuan Undang Undang RI No.24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas UU No.23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan . Perwakilan RI di Kuala Lumpur akan menerbitkan SURAT PENYATAAN LAHIR (SPL). Persyaratan adalah: Sijil kelahiran dari JPN (Jabatan Pendaftaran Negara) yang di legalisir...