Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam misi Diplomasi Budaya Indonesia di Luar Negeri 2017, telah menetapkan target tujuan secara global melalui Perwakilan RI di luar negeri, yaitu :

  1. Memperkuat citra  Indonesia (Nation Branding), agar citra Indonesia dapat lebih dikenal luas secara positif oleh masyarakat internasional, termasuk menyebarluaskan pesan tentang Indonesia sebagai negara penuh keberagaman (diversity) yang harmonis. Meningkatkan pemahaman masyarakat internasional tentang berbagai elemen budaya Indonesia : seni pertunjukan, seni rupa, wastra nusantara, literatur, seni media digital, kuliner, dll. Mempromosikan warisan budaya Indonesia, baik takbenda maupun benda, yang telah ditetapkan oleh UNESCO.
  2. Meletakkan Indonesia di Peta Dunia (Positioning), agar Indonesia melalui kekayaan budayanya dapat hadir dan eksis di seluruh dunia, menciptakan kehadiran Indonesia secara internasional.  Target tujuan diplomasi budaya setidaknya adalah 46 negara.  Berperan aktif di berbagai organisasi internasional dan regional UNESCO, ASEAN, ISESCO, ASEM, dll. Tampil di berbagai peristiwa kebudayaaan internasional yang bergengsi dan berpengaruh besar
  3. Menjalankan Kecerdasan kebudayaan untuk mendukung kepentingan Indonesia, yaitu menelusuri dan membangun potensi budaya Indonesia di luar negeri (eksistensi komunitas pencinta budaya Indonesia, inventaris benda budaya Indonesia, peninggalan sejarah/budaya terkait Indonesi, dll.  Melaksanakan diplomasi budaya untuk mendukung isu-isu strategis terkait kepentingan Indonesia (Romantisme sejarah hubungan Indonesia dengan negara lain,  Papua dalam Melanesia, kontribusi Islam dari Indonesia untuk dunia, dll.).
  4. Menjalin Jejaring Budaya Indonesia (Networking), agar diplomasi budaya Indonesia dapat disebarluaskan dengan optimal dan memberikan manfaat besar secara luas dengan memperkuat kontak dan kerjasama antar pemerintah (g to G) dalam diplomasi budaya. Merangkul berbagai pihak yg terkait diplomasi budaya baik di dalam dan luar negeri: kementerian/lembaga di Indonesia, organisasi internasional, KBRI/KJRI, PPI, Komunitas Diaspora, Institusi akademik, sanggar budaya, LSM, dll. Meningkatkan keterlibatan publik pada kegiatan-kegiatan diplomasi budaya Indonesia di luar negeri.
  5. Membangun kesinambungan budaya Indonesia (Sustainability) bertujuan agar diplomasi budaya Indonesia terus berlangsung dengan baik dan lestari ke generasi-generasi berikutnya dengan menguatkan fondasi kelembagaan diplomasi budaya Indonesia di luar negeri, seperti Rumah Budaya Indonesia, Sudut Indonesia, Studi tentang Indonesia, dll. Mengembangkan pelatihan-pelatihan budaya untuk warga negara asing dan diaspora Indonesia di luar negeri,  dan menciptakan agen-agen budaya Indonesia (Influencer).

Fokus Diplomasi Budaya Indonesia di luar negeri tahun 2017, yang dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbud,  salah satunya program Rumah Budaya Indonesia (RBI), yang dititipkan untuk dilaksanakan kegiatannya kepada  Atdikbud yang ada di 17 Perwakilan RI luar negeri, termasuk Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengembangan RBI Tahun 2017 tidak memprioritaskan pembangunan fisik, tetapi dengan memperkuat penyebaran budaya Indonesia. Melakukan pemetaan potensi pengembangan budaya Indonesia di perwakilan RI luar negeri. Melakukan kerjasama dengan kelompok masyarakat, institusi pendidikan dalam pengembangan budaya Indonesia. Membangun jaringan dengan para alumni Dharmasiswa di negara masing-masing untuk memperkuat Rumah Budaya Indonesia. Penguatan Bahasa Indonesia melalui program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).

Pembentukan dan Pengembangan Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Malaysia, akan memberikan manfaat kepada WNI yang menetap di Malaysia, dan sebagian masyarakat Malaysia yang merupakan keturunan orang Indonesia. Malaysia selain sesama negara pendiri ASEAN, merupakan negara tetangga terdekat, serumpun yang memiliki kesamaan bahasa dan budaya Melayu (Sumber: Ditjen Kebudayaan, Kemdikbud)

 

 

 

Prathiwy SoedjonoCaraka OnlinePendidikan
Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dalam misi Diplomasi Budaya Indonesia di Luar Negeri 2017, telah menetapkan target tujuan secara global melalui Perwakilan RI di luar negeri, yaitu : Memperkuat citra  Indonesia (Nation Branding), agar citra Indonesia dapat lebih dikenal luas secara positif oleh...