Tentang KBRI

KBRI Kuala LumpurHubungan diplomatik Indonesia-Malaysia telah terjalin sejak Malaysia merdeka pada tahun 1957. Namun, pada tanggal 17 September 1963 hubungan diplomatik ini sempat terputus sebagai akibat terjadinya konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Proses pemulihan hubungan diplomatik antara Indonesia-Malaysia diawali dengan ditandatanganinya Bangkok Accord di Bangkok pada tanggal 1 Juni 1966 oleh Menteri Luar Negeri kedua negara mengenai penghentian konfrontasi. Sebagai tindak lanjut, pada tanggal 11 Agustus 1966 telah diselenggarakan pertemuan di Jakarta yang menghasilkan Perjanjian Pemulihan Hubungan Republik Indonesia-Malaysia (Jakarta Accord).

Sebagai tindak lanjut pemulihan hubungan diplomatik Indonesia-Malaysia, maka dilaksanakanlah penandatanganan “Pengertian Bersama Tentang Persoalan-persoalan Non Militer” di Kuala Lumpur pada tanggal 14 September 1966 antara Indonesia-Malaysia. Akhirnya, pada bulan September 1967 dibuka Liaison Office (Kantor Penghubung) sebagai Kantor Perwakilan RI di Kuala Lumpur.

Gedung KBRI sebelumnya terletak di Jalan U-Thant Kuala Lumpur, namun semenjak tahun 1977 KBRI menempati gedung berlantai 8 yang berdiri di Jalan Tun Razak no. 233. Pada saat itu gedung KBRI merupakan salah satu gedung yang tertinggi di Jalan Tun Razak yang sebelumnya bernama jalan Pekeliling.

Saat ini Kedutaan Besar Republik Indonesia ini dipimpin oleh seorang Duta Besar yang dibantu oleh Wakil Kepala Perwakilan dan memiliki 32 home staff serta 169 local staff yang menangani berbagai aspek hubungan bilateral seperti politik, ekonomi, pertahanan, penerangan, sosial kebudayaan, pendidikan, perhubungan, imigrasi, tenaga kerja dan kekonsuleran.

Kedutaan Besar Republik Indonesia juga terus melakukan upaya yang serius dalam menyediakan pelayanan publik yang optimal termasuk melindungi Warga Negara Indonesia di Malaysia.

 





Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4016/4017, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.