Tentang Indonesia


View Larger Map 

Lokasi :

Terletak di Asia Tenggara, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dan berada diantara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

 

Populasi:

Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dengan total populasi 237.424.363 orang (Sensus 2011).

 

Wilayah:

Luas wilayah Indonesia sesuai konsep nusantara adalah 1.919.440 km persegi daratan yang terbentang sepanjang 3.977 mil. Lima pulau besar di Indonesia Sumatera dengan luas 473.606 km persegi, Jawa dengan luas 132.107 km persegi, Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia) dengan luas 539.460 km persegi, Sulawesi dengan luas 189.216 km persegi, dan Papua dengan luas 421.981 km persegi.

 

Propinsi:

Indonesia saat ini memiliki 33 propinsi (termasuk 2 Daerah Istimewa (DI) dan satu Daerah Khusus Ibukota (DKI). Kedua Daerah Istimewa tersebut adalah Nanggroe Aceh Darussalam dan Daerah Istimewa Yogyakarta sedangkan Jakarta ditetapkan sebagai daerah khusus ibukota.

 

Politik:

Seperti juga di negara-negara demokrasi lainnya, sistem politik di Indonesia didasarkan pada Trias Politika yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif. Kekuasaan legislatif dipegang oleh sebuah lembaga bernama Majelis Permusyawatan Rakyat (MPR) yang terdiri dari dua badan yaitu DPR yang anggota-anggotanya terdiri dari wakil-wakil Partai Politik dan DPD yang anggota-anggotanya mewakili provinsi yang ada di Indonesia. Setiap daerah diwakili oleh 4 orang yang dipilih langsung oleh rakyat di daerahnya masing-masing.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) adalah lembaga tertinggi negara. Keanggotaan MPR berubah setelah Amandeman UUD 1945 pada periode 1999-2004. Seluruh anggota MPR adalah anggota DPR ditambah anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah). Sebelumnya, anggota MPR adalah seluruh anggota DPR ditambah utusan golongan. Anggota MPR saat ini terdiri dari 550 anggota DPR dan 128 anggota DPD. Anggota DPR dan DPD dipilih melalui pemilu dan dilantik dalam masa jabatan lima tahun. Sejak 2004, MPR adalah sebuah parlemen bikameral, setelah terciptanya DPD sebagai kamar kedua.

Lembaga eksekutif berpusat pada Presiden, Wakil Presiden, dan Kabinet. Kabinet di Indonesia adalah Kabinet Presidenstil sehingga para menteri bertanggung jawab kepada presiden dan tidak mewakili partai politik yang ada di parlemen.

Lembaga Yudikatif sejak masa reformasi dan adanya amandemen UUD 1945 dijalankan oleh Mahkamah Agung, termasuk pengaturan administrasi para Hakim.

 

Pemilihan Umum:

Presiden dan Wakil Presiden dipilih untuk periode lima tahun (dapat dipilih untuk periode kedua dengan pemilihan langsung oleh rakyat). Hal yang sama berlaku bagi Kepala Desa, Walikota/Bupati, Gubernur, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan untuk posisi Duta Besar, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Gubernur Bank Indonesia (BI), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diusulkan oleh pemerintah/Presiden kepada DPR. Sebelum dipilih para calon tersebut akan melalui fit and proper test yang dilakukan oleh DPR. Dengan demikian DPR memegang kontrol yang kuat atas pemerintahan, pembuatan anggaran tahunan, dan menyetujui undang-undang. DPR juga memiliki hak bertanya pada Presiden dan pejabat negara lainnya.

 

Sumber daya alam:

Petroleum, tin, natural gas, nickel, timber, bauxite, copper, fertile soils, coal, gold, silver.

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4000, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.