Satuan Tugas Pelayanan dan Perlindungan WNI/TKI

Pemerintah terus berupaya memberikan perlindungan terhadap WNI yang berada di luar negeri. Perwujudan dari upaya-upaya tersebut adalah antara lain dengan dibentuknya Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia & Bantuan Hukum Indonesia (Dit. PWNI & BHI) oleh Departemen Luar Negeri. Terkait dengan perlindungan WNI, perlindungan TKI pemerintah mengeluarkan peraturan-peraturan sebagai dasar hukum:

  • UU No. 39 tahun 2004
  • Inpres no.6 tahun 2006
  • Permenaker no 20 tahun 2007

KBRI sebagai ujung tombak pemerintah Indonesia mengutamakan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia. Dalam kaitan tersebut pada tanggal 29 Januari 2007 KBRI Kuala Lumpur telah membentuk Satuan Tugas Perlindungan Pelayanan Warga Negara Indonesia (Satgas PPWNI) dengan susunan organisasi dalam gambar dibawah ini.

Susunan Organisasi Satgas PPWNI

 

Penanganan TKW Yang Menghadapi Masalah

Bagi WNI/TKI yang sedang menghadapi masalah atau sedang dalam proses penyelesaian masalah KBRI menyediakan fasilitas penampungan yaitu shelter KBRI.

Pada bulan Maret 2004, KBRI telah menyelesaikan pembangunan dan penambahan kapasitas penampungan WNI/TKI yang terletak di lingkungan KBRI Kuala Lumpur. Pembangunan tersebut didukung oleh bantuan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. Pembangunan tempat penampungan sementara ini merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan perlindungan terhadap WNI/TKI yang berada di wilayah akreditasi khususnya yang sedang menghadapi berbagai masalah.

Penampungan tersebut kini dapat ditempati hingga 70 orang. Namun demikian sejalan dengan waktu, WNI/TKI baik yang terlantar maupun yang sedang mengalami masalah dengan pihak lain makin meningkat sehingga mengakibatkan jumlah yang ditampung melebihi kapasitas yang seharusnya (over capacity). Sebagai contoh pada bulan November 2004 jumlah WNI/TKI yang ditampung hampir mencapai 260 orang.

 

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4016/4017, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.