Legalisasi Dokumen

  • Legalisasi artinya pengesahan terhadap dokumen dan hanya dilakukan terhadap tanda tangan dan tidak mencakup kebenaran isi dokumen.
  • Setiap dokumen Indonesia yang akan dipergunakan di Negara lain atau dokumen asing yang akan dipergunakan di Indonesia perlu dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
  • Dokumen yang dibuat atau diterbitkan di Indonesia termasuk di Daerah, dan akan dipergunakan di Negara lain, harus dilegalisasi oleh Kementerian Hukum dan Ham RI, Kementerian Luar Negeri, dan Perwakilan RI di luar negeri.
  • Dokumen-dokumen asing yang diterbitkan di luar negeri dan ingin dipergunakan di wilayah Indonesia, harus pula melalui prosedur yang sama, yaitu dilegalisasi oleh Kementerian Luar Negeri, Negara dimaksud dan Perwakilan Republik Indonesia di negara setempat.
  • Atas dasar itu, semua pihak yang berkepentingan di Indonesia khususnya di Daerah harus menolak dokumen-dokumen yang tidak atau belum dilegalisasi sesuai dengan ketentuan yang dimaksud diatas.
  • Keterangan lebih jelas, silahkan membuka Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor : 09/A/KP/XII/2006/01 tanggal 28 Desember 2006, tentang Panduan Umum Tata Cara Hubungan dan Kerjasama Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah.

 

A.LEGALISASI DOKUMEN SESUAI DENGAN ASLINYA

  • Memberi keterangan berupa cap dan ditanda tangani oleh pejabat berwenang dokumen-dokumen seperti , Akta Kelahiran, Akta Cerai, Surat Nikah, Akta Kematian
  • Legalisasi ini biasanya diperlukan untuk kegunaan di Imigrasi Malaysia, untuk membuat visa baru/visa lanjutan untuk tinggal di Malaysia.

Persyaratan :

1. Dokumen Asli

2. Sudah di legalisasi oleh Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

3. Photocopy dari dokumen asli, Maksimal 10 lembar

4. Biaya RM 70 (tujuh puluh RM)/dokumen

 

B.LEGALISASI DOKUMEN DARI MALAYSIA YANG AKAN DIPERGUNAKAN DI INDONESIA

  • Legalisasi dokumen ini berupa dokumen perdagangan/perjanjian perusahaan/surat kuasa perusahaan yang akan dipergunakan oleh kedua Negara yaitu Indonesia dan Malaysia

Persyaratan :

1. Dokumen sudah disahkan oleh Notary Publik Malaysia, kecuali dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.

2. Dokumen sudah disahkan oleh Kementerian Luar Negeri Malaysia

3. Tanda Terima(kwitansi/resit) dari Kementerian Luar Negeri Malaysia

 

C.LEGALISASI DOKUMEN DARI INDONESIA YANG AKAN DIPERGUNAKAN DI MALAYSIA

Legalisasi dokumen ini berupa dokumen perdagangan/perjanjian perusahaan/surat kuasa perusahaan yang akan dipergunakan oleh kedua Negara yaitu Malaysia – Indonesia

Persyaratan :

1. Dokumen sudah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia,

2. Dokumen sudah disahkan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia

3. Biaya RM 70 (tujuh puluh RM)/dokumen

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4000, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.