KBRI Kuala Lumpur dan Bernama Radio Tanda Tangani Perjanjian Program Radio

KBRI Kuala Lumpur dan Bernama Radio Tanda Tangani Perjanjian Program Radio "Kabar Merah Putih"

Penandatanganan Perjanjian Program Radio "Kabar Merah Putih" (KMP) antara KBRI Kuala Lumpur dengan Bernama Radio yang ditandatangani oleh Kepala Kanselerai, Bpk...

KBRI KL dan Pengacara Dampingi Siti Aisyah di Sidang Pertama

KBRI KL dan Pengacara Dampingi Siti Aisyah di Sidang Pertama

Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur bersama Pengacara dari kantor pengacara Gooi & Azzura mendampingi Siti Aisyah pada sidang pertamanya di Pengadilan Negeri...

KBRI KL Pastikan Kewarganegaraan dan Berikan Pendampingan Pada Siti Aisyah

KBRI KL Pastikan Kewarganegaraan dan Berikan Pendampingan Pada Siti Aisyah

Hari ini (25/2) pukul 10.30 Tim Perlindungan WNI KBRI Kuala Lumpur didampingi pengacara telah melakukan kunjungan kekonsuleran kepada Siti Aisyah di kantor polisi...

Silaturahmi dan Sosialisasi Isu-Isu Kekonsuleran dan Keimigrasian KBRI KL di Damansara

Silaturahmi dan Sosialisasi Isu-Isu Kekonsuleran dan Keimigrasian KBRI KL di Damansara

Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur bersilaturahmi sambil...

Peresmian Ruang Pelayanan Lantai Mezzanine KBRI Kuala Lumpur dan   Collection Point Mandiri Remittance

Peresmian Ruang Pelayanan Lantai Mezzanine KBRI Kuala Lumpur dan Collection Point Mandiri Remittance

Pada 29 Desember 2016 bertempat di KBRI Kuala Lumpur, Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno meresmikan Ruang Pelayanan Lantai Mezzanine KBRI Kuala Lumpur dan...

Atasi Sawah Kering, Kementan Gelar Tripartit Irigasi Waduk Jatigede

Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) tengah membangun konsep tata kelola air irigasi Waduk Jatigede yang dikenal dengan Tripartit.

Koordinasi konsep irigasi Waduk Jatigede juga melibatkan Dinas Pertanian dari Pemda Bogor, Sumedang, Cirebon dan Indramayu.

"Waduk Jatigede sudah mulai operasional, kita ingin sistem irigasi dapat terkoordinasi agar efisien dan mewujudkan pertanian berkelanjutan," kata Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Infrastruktur Ani Andayani Selasa (10/5/2016)

Tripartit digelar untuk memastikan pengalirannya melalui bendung rentang dapat terdistribusi untuk sungai Cimanuk.

Di sisi lain dirancang pula pengelolaan saluran irigasi lainnya bagi Kabupaten Indramayu dan Cirebon agar termanfaatkan oleh petani padi sawah.

"Adapun di wilayah hulu, Kementerian LHK bersinergi dengan kementerian PUPR untuk membuat daerah tangkapan air, misalnya dalam bentuk Green Belt atau bangunan penahan air," terang Ani.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Widianto mengatakan, saat ini tengah dilakukan konstruksi jaringan irigasi dengan air sungai tetap mengalir.

Tujuannya agar air mengalir dan dapat dimanfaatkan petani.

"Teknologi ini hemat biaya dan waktunya pengaliran lebih singkat dibandingkan dengan cara menutup total," kata Widianto.

Tripartit tengah ancang-ancang menyusun master plan guna merancang irigasi primer, sekunder hingga ke tersier atau bahkan sampai ke kuarter.

(Sumber : Kompas.com)

 





Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur (Embassy of the Republic of Indonesia Kuala Lumpur)
No. 233 Jalan Tun Razak, WP KL 50400, Tel: +603-2116-4016/4017, Fax: +603-2141-7908

Copyright © 2013. All Rights Reserved.